Manfaat Kursi Makan Bayi Bagi Pertumbuhan si Buah Hati - Lbfprw.Info Berita Online

Kamis, 19 November 2020

Manfaat Kursi Makan Bayi Bagi Pertumbuhan si Buah Hati




Kursi Makan Bayi - Pada saat bayi sudah memasuki usia 6 bulan, maka terdapat tahapan baru yang dimulai yaitu saatnya memperkenalkan makanan pendamping ASI atau MPASI pada si buah hati. Ketika anak sudah memasuki tahapan pemberian MPASI, bukan hanya tentang pengolahan makanan yang tepat saja atau pemilihan makanan yang baik untuk bayi, tetapi juga berbagai perlengkapan yang harus disediakan supaya bayi bisa melakukan tahapan ini dengan menyenangkan. Yaitu dengan menggunakan kursi makan bayi. 

Walaupun harga dari kursi makan bayi relatif mahal, tetapi ternyata terdapat beberapa manfaat yang bisa diraih oleh orang tua maupun bayi ketika menyediakan kursi makan bayi untuk si buah hati. Berikut ini adalah manfaat dari kursi makan bayi, diantaranya:

  1. Dengan menggunakan kursi makan bayi dapat menjadikan bayi makan dengan aman.

Pada saat bayi duduk di kursi makan, maka bayi dapat dengan bebas dan aman mengasah keterampilan makannya. Bayi bisa duduk dengan posisi yang tegak. Piring makan yang disajikan oleh Bunda juga tepat berada di hadapannya membuat bayi dapat belajar menyendok atau menjimpit makanannya sendiri. dengan begitu maka bayi dapat lebih leluasa ketika mengamati berbagai tekstur dari makanan yang disajikan oleh Bunda.

  1. Dapat mengajarkan tata cara makan dengan mudah pada bayi.

Dengan memposisikan bayi duduk di kursi makan, Bunda bisa mengajarkan tata cara yang makan yang baik pada si kecil. Apabila posisi tangan bayi ketika memegang sendok kurang tepat, apakah Bunda bisa mengoreksinya. Bayi juga bisa belajar mengunyah ketika duduk di hadapan Bunda, jadi baik akan menipu atau mencontoh secara langsung apa yang bunda lakukan.

  1. Sebagai tempat bayi belajar mandiri

Dengan bayi makan sendiri di kursi makan maka ia bisa belajar makan secara mandiri. hal itu disebabkan karena banyak sekali anak yang memiliki kebiasaan disuapi hingga usianya tidak dikategorikan anak-anak lagi. Dengan menggunakan kursi makan bayi maka Bunda bisa mengajarkan anak makan dengan tangannya sendiri hingga ia terbiasa mandiri.

  1. Sebagai tempat bayi belajar disiplin

Sudah sewajarnya apabila bayi memiliki sifat yang aktif bergerak hingga membuatnya tidak disiplin serta sulit diatur ketika sedang makan. Pada umumnya bayi lebih memilih bermain dibandingkan dengan makan sehingga terkadang membuat Bunda membiasakan makan sambil berlari-lari dan kesana kemari. Padahal sebenarnya kebiasaan itu kurang baik bagi anak dan bisa menyebabkan tersedak. Untuk mengajarkan anak bersikap disiplin ketika makan maka bunda harus membiasakannya sejak usia dini. Dengan bantuan kursi makan bayi inilah anak akan belajar duduk di kursi dan menggunakan meja ketika makan. Dengan begitu anak tidak bisa berpindah-pindah tempat.

  1. Memungkinkan bayi ikut makan bersama keluarga

Dengan menggunakan kursi makan bayi maka si kecil lebih mudah untuk ikut serta ketika makan bersama dengan semua anggota keluarga. Dengan membiasakan anak makan bersama sedari usia dini dapat memberikan efek positif bagi si buah hati, yaitu:

  • Membiasakan anak dengan anggota keluarga berkomunikasi.
  • Menciptakan kedekatan antara orang tua dan anak.
  • Dapat mempengaruhi perkembangan pola makan si kecil.
  1. Memudahkan bersih-bersih setelah makan

Dengan menggunakan kursi makan ini, maka orang tua akan lebih mudah membersihkan sisa makanan yang ditinggalkan oleh bayi ketika makan. Bukan hanya itu saja, Bunda juga jadi lebih mudah membersihkan sisa makanan yang ada di pinggir mulut bayi.

Itulah beberapa manfaat yang bisa diperoleh oleh orang tua serta bayi ketika menggunakan kursi makan bayi ketika makan. Semoga bermanfaat!

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda