IP MAN (2008), IP MAN 2 (2010), IP MAN 3 (2015), IP MAN 4 The FINALE , IP Man 5 ? - Lbfprw.Info Berita Online

Minggu, 09 Agustus 2020

IP MAN (2008), IP MAN 2 (2010), IP MAN 3 (2015), IP MAN 4 The FINALE , IP Man 5 ?


IP Man 5 - IP Man 4 Film ini merupakan serial terakhir dari tiga film sebelumnya, IP MAN (2008), IP MAN 2 (2010), IP MAN 3 (2015). IP MAN pertama adalah film biopik berdasarkan kisah nyata ahli seni bela diri Wing Chun yang berasal dari Foshan. IP MAN 2 menceritakan Ip Man yang harus menghadapi rintangan saat ingin mempopulerkan seni bela diri Wing Chun. IP MAN 3 berkisah tentang Ip Man yang harus menghadapi pengembang jahat dan kelompok brutal yang ingin menguasai kota.

Ip Man dikenal sebagai Yip Ka Man, ahli bela diri kungfu Wing Chun asal Kanton kelahiran 1983. Ia memiliki banyak murid dan yang paling terkenal adalah Bruce Lee. Ip Man wafat di Hongkong pada usia 79 tahun akibat penyakit kanker yang dideritanya.

Film diawali dengan Ip Man yang mengidap penyakit kanker paru-paru akibat kebiasaannya merokok. Saat itu putranya, Jin tengah berkelahi di sekolah karena melawan orang yang telah membully-nya sehingga ia diusir dari sekolah. Setelah kejadian itu, Master Yip menerima tamu Billy, ia adalah pemuda kulit hitam muridnya Bruce Lee. Ia membawa pesan bahwa Bruce Lee mengundang sang master untuk menonton turnamen karate di Amerika Serikat. Awalnya Ip Man menolak tawaran tersebut, tetapi akhirnya Ip Man berangkat juga ke Amerika Serikat untuk memenuhi undangan Bruce Lee dan memiliki niatan lain yakni mencari sekolah untuk putranya, Jin.

Di Amerika Serikat, Ip Man dikenalkan dengan Master Wan, ahli beladiri Tai Chi yang juga ketua Perkumpulan Perbantuan China. Ip Man membutuhkan surat rekomendasi dari Master Wan untuk menyekolahkan putranya di sana. Sayangnya, Master Wan tidak mau memberikan surat rekomendasi karena tersinggung dengan aktifitas perguruan kungfu milik Bruce Lee yang menerima murid non China. Master Wan dan guru kungfu lain Chinatown menganggap seni beladiri kungfu hanya boleh dipelajari oleh keturunan China saja.

Secara garis besar film ini hanya menceritakan perjalanan singkat Ip Man di Amerika Serikat. Di film ini, Ip Man harus berbagi perhatian dengan tokoh lain seperti putri Master Wan, Yonah Wan yang mengalami bullying di sekolah. Juga ada Sersan Hartman, anggota US Marine asal China yang menjadi murid Bruce Lee. Sersan Hartman ingin memperkenalkan Wing Chun di kalangan tentara marinir dan menjadi korban pelecehan rasial yang dilakukan pimpinannya, Barton Geddas.

Di luar tokoh itu masih ada tokoh pemanis di film ini. Ya, Bruce Lee yang kali ini kemunculannya hanya sekitar delapan menit saja menjadi sosok yang paling ditunggu-tunggu penonton. Aksi tendangan cepat khas Bruce Lee menjadi salah satu adegan yang paling menarik. Keseluruhan film ini menyuguhkan aksi pertarungan yang seru dengan jaminan mutu kelas tinggi. Koreografi beladiri berkelas berhasil disuguhkan terutama dalam adegan pertarungan puncak Ip Man melawan Barton. Donnie Yen berhasil bermain sangat apik dan mempertegas dirinya bahwa arakter Ip Man memang erat padanya.

Donnie Yen telah bermain film kungfu sejak tahun 1984. Bapak dengan tiga anak ini pernah meraih medali emas dalam kompetisi Wushu. Ia memainkan peran utama sebagai Cheng Do dalam Drunken Tai Chi. Karir Donnie Yen bukan cuma ahli beladiri dalam film, ia juga salah satu koreografer yang handal.

Ip Man yang melawan superioritas Barat (menggunakan karate) dengan tangan kosong akhirnya menang karena teknik Wing Chun tetap bertindak sebagai seni bertarung yang efektif, luwes, indah, dan memiliki teknik memukul bertubi-tubi layaknya jurus seribu kepalan yang mematikan.

Momen kemenangan Yip Man atas Barton itu menjadi peristiwa penting dalam sejarah seni bela diri China. Dimana seni ini diakui kehandalannya dalam pertarungan tangan kosong di AS karena sebelumnya Karate adalah satu-satunya yang bisa masuk ke dalam kurikulum pengajaran kadet Marinir AS.

Gak ada matinya sih Donnie Yen ini, masih awet muda aja dan dia cocok mempresentasikan sosok Master Yip Man sesungguhnya. Niatnya sih bakalan marathon film Ip Man dari awal sampe seri ke-tiganya. Kata orang film Ip Man 3 bikin nangis, benar gak sih? Karena nonton film ini aja saya berurai air mata. Jadi penasaran kan. Stay tune~

Bagikan artikel ini

Silakan tulis komentar Anda